Senin, 04 Mei 2009

wireless sensor network - artikel 1

WIRELESS SENSOR NETWORK

wireless sensor network adalah jaringan wireless alat yang menggunakan sensor untuk memonitor fisik atau kondisi lingkungan sekitar,seperti suhu, suara, getaran, gelombang elektromagnetik, tekanan, gerakan, dan lain-lain.

perkembangan dari wireless sensor network sebenarnya sudah dimulai dari kebutuhan dalam bidang militer seperti pemantauan pada saat perang di medan perang. tapi sekarang Wireless Sensor Network sudah digunakan dalam bidang industri dan penggunaan untuk kemudahan masyarakat sipil, melingkupi pengawasan dan pengontrolan proses dalam industri, mesin pengawasan kesehatan, pemantau kondisi lingkungan, aplikasi untuk kesehatan, otomatisasi pada rumah, dan pengaturan pada lalu lintas.

dalam penambahan pada satu atau lebih suatu sensor,masing-masing node dalam network sensor biasanya dilengkapi dengan radio tranciever atau alat komunikasi wireless lainnya, mikro-kontroler kecil,dan sumber energi, biasanya baterei. Untuk ukuran node sensor pada wireless sensor network memiliki kisaran node sensor yang bisa mencapai besar dari sebuah kotak sepatu hingga seukuran debu.

aplikasi dan penggunaan dari Wireless Sensor Network ada banyak dan bervariasi, tapi umumnya adalah untuk monitoring, tracking dan controlling. aplikasi spesifik dari wireless sensor network misalnya adalah pengontrolan reactor nuklir, pendeteksi api, dan monitoring lalu lintas.

Pengawasan suatu daerah (area monitoring) adalah suatu hal yang umum dalam aplikasi wireless sensor network. Dalam area monitoring, wireless sensor network disebarkan secara merata ke sebuah daerah untuk mengamati sebuah fenomena tertentu, seperti penggunaan wireless sensor network pada medan perang yang disebarkan secara merata untuk mendeteksi pergerakan musuh sebagai ganti dari penggunaan dari ranjau darat. Ketika sensor mendeteksi kejadian(panas, gerakan, getaran, suara, medan electromagnet, dan lain-lain) yang terjadi pada daerah yang dimonitori , aktivitas yang terjadi harus dilaporkan ke salah satu dari base stations, yang mana akan ada dilanjutkan aksi-aksi yang sudah ditentukan (misalnya mengirimkan pesan melalui internet atau melalui satelit). Tergantung pada data atau aplikasi yang digunakan, beda fungsi yang dipakai memerlukan propagasi data yang berbeda.

Aplikasi lain dari penggunaan wireless sensor network adalah untuk pengawasan lingkungan (environmental monitoring). Kebanyakan dari penggunaan ini, wireless sensor network memiliki waktu aktif yang pendek. Biasanya digunakan untuk proyek pengamatan gejala-gejala alam.

Beberapa karakteristik yang unik dari wireless sensor network antara lain :
• Power yang terbatas yang dapat disimpan atau diolah
• Kemampuan untuk bertahan pada lingkungan yang ganas
• Kemampuan untuk mengatasi kesalahan node
• Mobilitas dari node
• Topologi jaringan yang dinamis
• Kesalahan komunikasi
• Penyebaran dengan skala besar

Sensor node bias diibaratkan seperti computer kecil, sangat basic pada bagian permukaan tampilan dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Komponen-komponen tersebut biasanya terdiri dari satu unit pemroses dengan computational power yang terbatas dan memori yang terbatas, sensor(termasuk sensor dengan kondisi yang khusus), alat komunikasi(biasanya radio tranciever), sumber tenaga yang kecil, biasanya berbentuk baterei. Kemungkinan yang lain adalah sebuah modul pengolahan energy, dan alat komunikasi cadangan/kedua.

Base station adalah satu atau lebih komponen dari wireless sensor network dengan computational, memori , energy dan sumber komunikasi yang lebih. Base station berperan sebagai gateway/gerbang yang menghubungkan antara sensor node ke pengguna akhir.

1 komentar: